8.24.2009

Mengembalikan file .exe menjadi .docs


Memang repot kalau komputer kita udah terkena virus, apalagi virus tersebut sudah merusak file-file dokumen kita. Berbagai antivirus juga sudah digunakan, namun tetap aja file dokumen tidak bisa kembali padahal file dokumen tersebut sangat penting.

Jalan satu-satunya adalah dengan mengetik ulang file dokumen kita atau memformat dan menginstall ulang komputer kita. Kalau udah begini namanya bukan solusi yang baik, bukannya kita hanya membasmi virus komputer..?? Tapi kok malah menghapus semua program yang ada di komputer kita. Kalau begini gimana solusinya ..??

Itulah sekelumit pengalaman teman saya yang kebetulan komputernya terkena salah satu virus komputer yang kalau tidak salah namanya KSpoold.B atau virus worm dan menginfeksi file dokumen berekstensi *.doc dan *.xls. Setiap file dokumen yang telah terinfeksi oleh virus ini akan menjadi sebuah file *.exe (executable). Dan penyebaran virus ini kebanyakan melalui media transfer data seperti flashdisk, hardisk eksternal, internet dll.

Antivirus jaman sekarang sebenarnya sudah dapat mendeteksi virus ini, apalagi yang selalu ter-update, namun masalahnya kalau komputer atau flashdisk udah terlanjur kena virus lalu kita gunakan antivirus, file yang terinfeksi kebanyakan akan dihapus atau di delete oleh antivirus, padahal file tersebut adalah file dokumen dan kita harus mengembalikan dulu file dokumen tersebut baru membersihkan (scan) komputer atau flashdisk dari virus ini.

Ada banyak solusi untuk mengembalikan file dokumen yang terkena virus ini dengan berbagai macam program atau antivirus. Dari pengalaman saya, cara mengembalikan file dokumen yang udah terlanjur terkena virus KSpoold atau worm ini adalah:

  1. Karena virus ini sepertinya tidak merusak file registry maka non aktifkan sementara antivirus yang digunakan, maksudnya agar file dokumen yang terinfeksi tidak dideteksi antivirus sehingga mudah untuk mengembalikannya seperti semula. Kalaupun antivirus tetap aktif dan terlanjur telah mendelete (biasanya dikarantina dulu) file tersebut, restore (kembalikan) file yang terinfeksi. Kebetulan saya menggunakan antivirus AVG Free, jadi kalau file sudah terlanjur ter-Heal, saya restore kembali lewat Virus Vault dan kalau file tersebut masih tetap terdeteksi antivirus tekan Ignore. Untuk antivirus yang lain biasanya juga dapat mengembalikan file dokumen yang terinfeksi tersebut biasanya di bagian karantina.

  2. Matikan juga system restore dan putuskan hubungan internet untuk sementara.

  3. Setelah file dokumen yang terinfeksi (masih berekstensi *.exe) dikembalikan pada folder semula (virus ini sepertinya hanya menyerang file berekstensi *.doc dan *.xls) gunakan program Restore my files yang dapat juga didownload di situs pembuat program ini yaitu ebsoft.web.id dan baca petunjuk penggunaan program tersebut.

  4. Setelah semua file dokumen dapat dikembalikan, lakukan pembersihan dengan menggunakan antivirus yang telah ter-update dan dapat mendeteksi virus ini secara penuh pada komputer anda dan setelah selesai aktifkan kembali system restore.

  5. Untuk mengembalikan file dokumen pada flashdisk atau hardisk eksternal dan media tansfer data lainnya yang terinfeksi virus tersebut, prinsipnya sama seperti di atas, cuma pada waktu komputer mendeteksi drive lewat USB matikan autorun-nya, artinya drive tersebut jangan dibuka tetapi langsung jalankan program Restore my files untuk mengembalikan file dokumen yang terinfeksi seperti semula.

Solusi ini hanya merupakan bagian dari pengalaman saya. Jangan berpatokan pada artikel ini saja untuk mengembalikan file dokumen yang terinfeksi virus KSpoold.B. atau virus worm, carilah artikel lainnya, siapa tahu ada yang lebih bagus dari ini. Semoga ini dapat bermanfaat.





1 komentar:

irfan on 27 Agustus 2009 02.00 mengatakan...

ALAH, itu juga berkat kamu, ehhhehehhee gmna bisnis online nya? kok km jarang online di ym. padahal aku mo sharing banyak nmoau kritik pedas heheheh,
forumnya udah ga bisa ya ??? kok linknya ga ada

mohon kasih tw ya aku kangen ma forum kita wkkakakakka
sampai ketemulagi wkakakakak makin keren aja ni blog

Posting Komentar

bercomment lah dengan bennar

My Rank

Share/Save/Bookmark
Powered by  MyPagerank.Net

Artikel Terpopuler

Ikuti Dari Facebook

 
100 Blog Indonesia Terbaik

Website saya nilai
Rp 5.52 Juta

Penghargaan yang ada disini asli dari pemilik award,, untuk melihat postingannya silahkan klik saja pada gambar awardnya!!..

Cara Bisnis Pemula © 2009 Tempat Uang is Designed by Bobby Supported by Blogger